Rangsangan dan Gerak Balas Tumbuhan (Nota Ringkas Sains Tingkatan 3 Bab 1 Rangsangan dan Gerak Balas)

Tingkatan 3

Rangsangan dan Gerak Balas Tumbuhan | Nota Ringkas | Sains | Tingkatan 3 | Bab 1 Rangsangan dan Gerak Balas |

READ :   Rangsangan dan Gerak Balas dalam Manusia (Nota Ringkas Sains Tingkatan 3 Bab 1 Rangsangan dan Gerak Balas)

Rangsangan dan Gerak Balas Tumbuhan


Tumbuhan memiliki kemampuan unik untuk merespon rangsangan dari lingkungan sekitarnya. Mereka dapat merespon sentuhan, air, cahaya, dan gravitasi. Gerak balas tumbuhan terbagi menjadi dua jenis, yaitu gerak balas tropisme dan gerak balas nasti. Gerak balas tropisme terjadi ketika pertumbuhan tumbuhan bergerak menuju atau menjauhi rangsangan tertentu, sedangkan gerak balas nasti terjadi tanpa memperhatikan arah rangsangan.

Jenis-jenis Tropisme dan Tindak Balas

Ada beberapa jenis tropisme yang dapat diamati pada tumbuhan, berikut adalah beberapa contohnya:

1. Fototropisme


Fototropisme terjadi ketika pertumbuhan tumbuhan bergerak menuju arah cahaya. Contohnya adalah pertumbuhan pucuk bunga matahari yang mengikuti arah cahaya matahari.

2. Geotropisme


Geotropisme terjadi ketika pertumbuhan tumbuhan bergerak menuju arah gravitasi. Misalnya, akar pokok cili merah yang tumbuh mengikuti arah gravitasi.

3. Hidrotropisme

Hidrotropisme terjadi ketika pertumbuhan tumbuhan bergerak menuju air. Sebagai contoh, akar pokok pandan yang tumbuh mengikuti arah air.

4. Tigmotropisme

Tigmotropisme terjadi ketika pertumbuhan tumbuhan merespon sentuhan atau saat bersentuhan dengan objek tertentu. Timun memiliki sulur paut yang memintal objek yang menyentuhnya.

5. Gerak Balas Nasti.


Selain gerak balas tropisme, ada juga gerak balas nasti yang terjadi pada tumbuhan. Gerak balas nasti dapat dipicu oleh sentuhan, cahaya, dan panas. Arah gerak balas nasti tidak tergantung pada arah rangsangan. Sebagai contoh, daun pokok semalu (Mimosa pudica) akan tertutup saat disentuh.

Kepentingan Setiap Gerak Balas

Setiap jenis gerak balas memiliki kepentingan yang berbeda bagi tumbuhan, sebagai berikut:

1. Fototropisme

Fototropisme membantu pucuk tumbuhan mendapatkan cahaya matahari yang diperlukan untuk fotosintesis.

2. Geotropisme

Geotropisme membantu akar tumbuhan menembus tanah untuk mendapatkan air dan akar dapat memperkuat cengkeraman pada tanah.

3. Hidrotropisme

Hidrotropisme membantu akar tumbuhan menyerap air dan garam mineral dari tanah.

4. Tigmotropisme

Tigmotropisme membantu tumbuhan mencapai posisi tertinggi untuk mendapatkan cahaya matahari dan menjaga posisi tegak.

5. Gerak Balas Nasti

Gerak balas nasti melindungi daun dari kerusakan yang disebabkan oleh rangsangan eksternal.

Kesimpulan


Rangsangan dan gerak balas tumbuhan merupakan mekanisme penting yang memungkinkan tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya. Gerak balas tropisme memungkinkan tumbuhan untuk tumbuh menuju atau menjauhi rangsangan tertentu, sementara gerak balas nasti terjadi tanpa memperhatikan arah rangsangan. Setiap jenis gerak balas memiliki peranan yang penting dalam memastikan kelangsungan hidup dan pertumbuhan tumbuhan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang mekanisme ini, kita dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam bahan pengajaran dan memperkaya pemahaman siswa mengenai keajaiban dunia tumbuhan.

Related posts